Jumat, 10 Mei 2013

KEUTAMAAN BULAN RAJAB

KEUTAMAAN BULAN RAJAB

KETAHUILAH… 

bahwa bulan Rajab adalah bulan yang mulia yang penuh keutamaan. Dan beribadah pada bulan tersebut akan mendapatkan pahala yang sangat besar, terutama berpuasa, beristighfar dan bertaubat dari dosa-dosa.
Malam pertama pada bulan Rajab, semua doa akan dikabulkan. Sebagaimana yang telah diriwayatkan oleh Imam Suyuthi dalam kitab Al-Jami’, “ada 5 malam yang mana tidak akan ditolak doa pada malam-malam tersebut yaitu malam pertama pada bulan Rajab, malam 15 pada bulan Sya’ban, malam Jum’at, malam Idul Fitri dan malam Idul Adha”. Sebagaimana yang telah diketahui, bahwasanya pada malam 27 Rajab, Rasulullah telah melaksanakan Isra’ Mi’raj yaitu perjalanan Rasulullah dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha yang dilanjutkan sampai ke Sidratul Muntaha. Bulan Rajab adalah salah satu bulan harom. Bulan rajab dinamakan شَهْرُ اللهِ الأَصَبِ yang berarti bulan pencurahan, karena didalam bulan tersebut dilimpahkannya rahmat kepada orang-orang yang bertaubat dan melimpahnya penerimaan ibadah bagi semua makhluq Allah. Dan bulan Rajab juga dinamakan شَهْرُ اللهِ الأَصَمِ artinya bulan yang Tuli, dinamakan demikian karena pada bulan Rajab tidak terdengar suara dentingan senjata, tusukan tombak dan tidak terjadi peperangan di dalamnya. Rasulullah saw. Bersabda:
رَجَبُ شَهْرُ اللهِ وَ شَعْبَانُ شَهْرِيْ وَ رَمَضَانُ شَهْرُ أُمَّتِيْ
Yang artinya: “Rojab adalah bulan Allah, Sya’ban adalah bulanku (Rasulullah), dan Ramadhan adalah bulan umatku”. (Diriwayatkan dalam kitab Al Jami’).


Para ulama berkata: “Bulan Rajab adalah bulan Istighfar, Sya’ban adalah bulan Sholawat, dan Ramadhan adalah bulan Al Qur’an”. Berpuasa satu hari pada bulan harom sama pahalanya seperti berpuasa 30 hari pada bulan-bulan yang lain, di dalam hadits disebutkan:
مَنْ صَامَ ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ مُتَـتَابِعَةُ الْخَمِيْس وَالْجُمْعَة وَالسَّبْت مِنْ شَهْرِ حَرَام ، بَاعَدَهُ اللهُ مِنَ النَّار
Yang artinya: “Barang siapa berpuasa tiga hari berturut-turut, yaitu pada hari kamis, jum’at, dan sabtu dari bulan harom, maka Allah akan menjauhkannya dari api neraka”.


Riwayat lain, disebutkan dalam kitab Ihya Ulumuddin karangan Imam Ghozali:
وَكَتَبَ اللهُ لَهُ بِكُلِّ يَوْمٍ عِبَادَةَ تِسْعِمِائَةِ عَامٍ
Yang artinya: “Dan Allah akan mencatat baginya setiap satu hari seperti ibadah 900 tahun”.


Bulah harom ada 4 yaitu Rajab, Dzulqo’dah. Dzulhijjah, dan Muharrom. Pada bulan Rajab terdapat 3 malam yang mengandung banyak kebaikan, yaitu pada malam pertama, malam ke 15, dan malam ke 27. Para ulama sangat menganjurkan untuk menghidupkan 3 malam tersebut dan berpuasa di siang harinya.


Amalan-amalan yang dianjurkan untuk dibaca pada bulan Rajab:
اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ وَارْحَمْنِيْ وَتُبْ عَلَيَّ (70) وَاغْـفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ فِيْ كُلِّ لَحْظَةٍ أَبَدًا عَدَدَ خَلْقِكَ وَرِضَاءَ نَفْسِكَ وَزِنَةَ عَرْشِكَ وَمِدَادَ كَلِمَاتِكَ.
• أَسْتَغْفِرُ اللهَ ذَا الْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ مِنْ جَمِيْعِ الذُّنُوْبِ وَالآثَامِ (50) لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُسْلِمِيْنَ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ فِيْ كُلِّ لَحْظَةٍ أَبَدًا عَدَدَ خَلْقِهِ وَرِضَاءَ نَفْسِهِ وَزِنَةَ عَرْشِهِ وَمِدَادَ كَلِمَاتِهِ .
• أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ الَّذِيْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ تَوْبَةَ عبدٍ ظَالِـمٍ لاَ يَمْلِكُ لِنَـفْسِهِ ضَرّاً وَلاَ نَفْعاً وَلاَ مَوْتاً وَلاَ حَيَاةً وَلاَ نُشُوْرًا (7) فِيْ كُلِّ لَحْظَةٍ أَبَدًا عَدَدَ خَلْقِهِ وَرِضَاءَ نَفْسِهِ وَزِنَةَ عَرْشِهِ وَمِدَادَ كَلِمَاتِهِ.
• أَسْتَغْفِرُ اللهَ الَّذِيْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الرَّحْمَنُ الرَّحِيْمُ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ الَّذِيْ لاَ يَـمُوْتُ وَأََتُوْبُ إِلَيْهِ رَبِّ اغْفِرْ لِيْ (27) وَاغْـفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ فِيْ كُلِّ لَحْظَةٍ أَبَدًا عَدَدَ خَلْقِكَ وَرِضَاءَ نَفْسِكَ وَزِنَةَ عَرْشِكَ وَمِدَادَ كَلِمَاتِكَ.

Diharapkan untuk menyebarkannya dengan niat dakwah. Syukron, Jazakumullah.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar